Rabu, 07 September 2016

Gambaran umum Tilonisi

Kabar Tilonisi
Kalau bicara tentang Dusun Tilonisi, mungkin anda sama sekali belum pernah mendengarnya sekalipun anda orang Rote. Nah berikut penjelasan singkat.
Dusun Tilonisi berada di wilayah Desa Holoama, Kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao, berada di sebelah Barat Daya Kota Baa. Dusun dengan jarak sekitar 6,5 km dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit tanpa macet dari kota Baa atau dari pelabuhan Baa. Koordinat dusun Tilonisi: 10°45'58.6"S 123°01'37.3"E atau bagi pengguna google maps anda bisa pakai koordinat ini: -10.766279, 123.027036, koordinat ini adalah rumah Kepala Dusun Tilonisi pada tahun 2016

Wilayah dusun Tilonisi.

http://aroundguides.com/29110928/Map

Wilayah Tilonsi sendiri dibagi atas beberapa bagian lagi antaralain; Kota Bafa, La’u Hi’u, Lode Ata, Nggolo Beuk (Indonesia: Kampung Baru), Lifu Bei, Solusae, Hau Oe. Sebelah Timur Laut: Perbatasan antara Kota Bafa dan Dusun Nunuama, sebelah Barat Laut: Perbatasan antara Solusae dan desa Tuanatuk, sebelah Barat Daya: Perbatasan Lode Ata dan dusun Mondo, sebelah Tenggara: Perbatasan antara Hau Oe dan daerah Oe Lala. La’u Hi’u sendiri berada di Tengah.

Pekerjaan sehari-hari warganya adalah bertani dan berkebun. Rata-rata tiap rumah memilik 1-2 lahan sawah. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka menjual hasil-hasil pertanian, kerajinan tangan dan lain-lain.
Pada beberapa tahun sebelumnya, Tilonisi sempat memproduksi topi Tiilangga, sekarang ini tidak lagi kerena yang bisa memproduksi sudah meniggal.
·         Hasil Pertanian: Padi (dominan) jagung, ubi (ketela pohon/singkong) ubi jalar, ubi talas, sayuran (kangkung, sawi, tomat, kelor), sayuran kacang (kacang panjang, buncis, kacang turis/gude, dll), gula rote, gula lempeng
·         Kebudayaan: Musik Gong, Sasando, dan produksi Tiilangga
·         Minuman keras: Sopi, Laru
·         Agama: Kristen
SMK Negeri 1 Lobalain terletak di Dusun Tilonisi.


Waiting for update

1 komentar: