Senin, 10 Oktober 2016

Sopi, Minuman Keras Rote, Sang Penyempurna Adat

Bagi orang Rote asli, jenis minuman keras (miras) yang satu ini tidak asing lagi, SOPI. Minuman yang hampir selalu tersedia di setiap rumah akan selalu menemani setiap perkumpulan 3-4 orang.
Bahan dasar pembuatan sopi adalah Gula Cair atau Gula Rote (dan yang sejenis dengannya). Gula cair itu dicampur dengan air lalu ditampung dalam sebuah wadah (biasanya drum) yang sudah berisi akar-akar atau potongan pohon laru dan dibiarkan selama 2-3 hari dalam keadaan tertutup. Ini adalah proses semacam fermentasi air gula (gula cair yang sudah dicampur air) menjadi laru.

Proses fermentasi gula menjadi laru
Setelah proses fermentasi selesai, laru dipindahkan ke wadah drum lain untuk siap dimasak. Karena dimasak maka tentunya ada uap dari laru tersebut. Uap tersebut diarahkan dengan cara drum dilubangi di bagian atasnya lalu ditutupi lagi sedemikian rupa sehingga tidak ada uap yang terbuang. Uap akan terkumpul lalu dialirkan melalui pipa tembaga yang nantinya akan ditampung pada botol atau wadah plastik lainnya. Supaya uap laru itu bisa cepat menjadi cair, maka pipa tembaga harus tetap dalam keadaan dingin dengan cara sambungkan dengan wadah masak melalui batang pohon kelapa atau lontar yang terus dialiri air.
Uap air yang berhasil ditampung itu adalah sopi. Tampungan 5 liter pertama adalah yang paling "keras" kualitasnya, atau biasa disebut Sopi Kepala, lalu akan berkuarang kualitasnya tiap 5 liter berikutnya, hingga mencapai 25 liter. 15 liter gula cair bisa menghasilkan 25 liter Sopi.
Berdasarkan suatu sumber, kadar alkohol dalam minuman ini mencapai 47%. (https://dians999.wordpress.com/2012/10/09/pulau-rote-tuak-gula-aer-laru-sopi/)
Karena yang diambil hanyalah uap laru, maka laru itu sendiri akan menjadi limbah yang nantinya akan dibuang. 

Itulah proses untuk menghasilkan minuman keras SOPI

1 komentar:

  1. Kesariya Ganpati Temple in Pune - Shootercasino.com 우리카지노 우리카지노 10cric 10cric 카지노 카지노 711Point Spread Week 5 NBA Expert Predictions

    BalasHapus